Selasa, 26 Februari 2019

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UNNAR Kujungan Industri ke Pasuruan

Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer – Universitas Narotama (FIK UNNAR) mengadakan kunjungan industri atau pabrik yang berlokasi di Kejayan Pasuruan, Selasa (29/1/2019). Pabrik ini berada di bawah naungan PT. Amerta Indah Otsuka penghasil produk Pocari Sweat, Ion Water, Soy Joy dan Oronamin C. Kegiatan ini diikuti 52 mahasiswa mulai semester 2, didampingi oleh Aryo Nugroho, S.Kom, MT (Dekan FIK), Immah Inayati, S.Kom, M.Kom, MBA (Kaprodi Sistem Informasi), Slamet Winardi, ST, MT (Kaprodi Sistem Komputer), dan Made Kamisutara, ST, M.Kom (Kaprodi Teknik Informatika). 
“PT. Amerta Indah Otsuka dipilih sebagai lokasi kunjungan, karena pabrik ini memiliki konsep pabrik terbuka sehingga dapat dikunjungi masyarakat dan menerapkan Enterprise Resources Planning serta automation,” kata Aryo Nugroho. 
Pabrik ini adalah salah satu dari 3 (tiga) lokasi pabrik Kelompok Usaha Otsuka di Indonesia. Kisah Otsuka adalah sebuah teladan dari perjalanan panjang inovasi dan kreatifitas. Di awali pada tahun 1921, ketika Busaburo Otsuka mendirikan Otsuka Seiyaku Kogyo-bu sebuah pabrik bahan kimia di Tokushima Perfecture, Jepang. Kemudian pada 1946, putra pertamanya yaitu Masahito mengambil alih kepemimpinan dan memulai lini usaha Intravenous (IV) serta menjualnya ke seluruh rumah sakit di Jepang. Di tahun 1964 Otsuka mengawali bisnis globalnya berbasis pharmaceuticals dan nutraceuticals (gabungan antara “nutrition” dan “pharmaceuticals). Sebuah lini produk minuman dan makanan yang menggunakan ilmu dan teknologi untuk mendapatkan manfaat bagi kesehatan. 
Setelah memasuki lokasi pabrik, rombongan dari FIK UNNAR diarahkan ke unit produksi Soy Joy yang baru beroperasi 8 bulan. Pabrik yang modern dilengkapi anjungan untuk tamu yang datang berkunjung. Di anjungan tersedia berbagai perangkat bantu penyajian proses produksi menggunakan teknologi Internet of Things (IOT) dan Motion Detector. Seusai dari sini menuju lini produksi Pocari Sweat yang sekaligus disajikan profil perusahaan dan produknya serta tanya jawab. Peserta cukup antusias menanyakan berbagai hal terkait proses produksi khususnya penggunaan teknologi informasi. Acara ditutup dengan penyerahan cendera mata dari UNNAR kepada perwakilan perusahaan. [aryo] 

Foto: 52 mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer – Universitas Narotama beserta dekan dan kaprodi mengadakan kunjungan industri yang berlokasi di Kejayan Pasuruan, Selasa (29/1/2019). 

0 komentar:

Posting Komentar